iklan

Minggu, 22 Mei 2011

Hati-Hati, Ponsel Bisa Kurangi Kesuburan Pria

Senin, 23 Mei 2011 - 10:48 wib
Fitri Yulianti - Okezone

(Foto: gettyimages)

SEBUAH penelitian telah menemukan bahwa penggunaan ponsel dapat menyebabkan kualitas sperma rendah. Sebagai akibatnya, kesuburan pria mengalami penurunan.

Pria yang telah diagnosa memiliki kualitas sperma kurang baik dan tengah berusaha memiliki anak harus membatasi penggunaan ponsel mereka. Para peneliti telah menemukan bahwa sementara penggunaan ponsel meningkatkan testosteron yang bersirkulasi dalam tubuh, ini juga dapat menyebabkan kualitas sperma rendah dan penurunan kesuburan.

"Temuan kami adalah sedikit membingungkan," kata Rany Shamloul, peneliti utama yang merupakanpostdoctoral fellow di Departemen Farmakologi dan Toksikologi.

"Kami berharap menemukan hasil berbeda, tetapi hasil yang kami temukan menegaskan bahwa mungkin ada sedikit mekanisme yang mengadung intrik pada prosesnya," tambahnya, seperti dikutip Health24, Senin (23/5/2011).

Memengaruhi tingkat hormon

Tim peneliti menemukan bahwa pria yang melaporkan tingkat penggunaan ponsel mereka tinggi memiliki tingkat sirkulasi testosteron yang juga tinggi. Namun ternyata, tingkat luteinizing hormon (LH)—suatu hormon reproduksi penting yang dikeluarkan oleh kelenjar hipofisis di dalam otak— menjadi lebih rendah.

Para peneliti berhipotesis bahwa gelombang elektromagnetik (EMW) yang dipancarkan oleh ponsel memiliki aksi ganda pada kadar hormon dan kesuburan pria.

EMW dapat meningkatkan jumlah sel di testis yang memproduksi testosteron dengan cara menurunkan tingkat LH yang dikeluarkan oleh kelenjar di dalam otak. EMW juga menghalangi perubahan sirkulasi testosteron menjadi bentuk yang lebih aktif dan ampuh yang dikaitkan dengan produksi sperma dan kesuburan.

Peneliti berharap, penelitian mendalam dan berkelanjutan diperlukan untuk menentukan cara-cara yang tepat bagaimana EMW memengaruhi kesuburan pria.
Sumber  :  Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar