iklan

Kamis, 12 Mei 2011

Ingin Hamil, Kurangi Stres!

Kamis, 12 Mei 2011 - 16:02 wib
Ingin hamil, kurangi stres. (Foto: Getty Images)

SETIAP pasangan suami istri tentu ingin memiliki keturunan. Namun, tidak semua pasutri beruntung dapat segera mewujudkannya. Jika kondisi itu yang Anda alami, kurangi stres mulai dari sekarang!

Berdasarkan sebuah studi baru yang dilakukan Fertility and Sterility, wanita yang awalnya sulit hamil akan lebih mudah dibuahi jika mereka dapat mengurangi tingkat stres saat menjalani program kesuburan. Demikian seperti dikutip dari Cosmopolitan, Kamis (/125/2011).

Penelitian ini secara signifikan menunjukkan semakin tingginya tingkat keberhasilan wanita yang mengikuti program kesuburan yang cukup mahal seperti vitro fertilization, atau I.V.F, di mana embrio suami yang telah dimasukkan ke dalam tube, dimasukkan ke dalam tubuh istri.

Studi itu dilakukan terhadap dua grup 100 responden wanita Boston berusia 40 tahun yang melakukan program I.V.F. Grup pertama, hanya menerima program kesuburan, sementara grup kedua juga menerima latihan manajemen stres selama 10 pekan.

Hasilnya, wanita pada grup kedua memiliki tingkat keberhasilan 32 persen lebih tinggi dibanding grup pertama. Peneliti menambahkan, secara biologis stres dapat memengaruhi perputaran siklus reproduksi, yang mencegah wanita stres untuk haid secara rutin.
Sumber  :  Lastri Marselina - Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar