iklan

Selasa, 21 Juni 2011

Serba-serbi Sambut Datangnya Liburan

Selasa, 21 Juni 2011 - 10:10 wib

Saat liburan (Foto: Corbis)

LIBURAN adalah hal yang selalu ditunggu oleh hampir setiap orang. Liburan merupakan suatu kegiatan yang ternyata memiliki efek positif luar biasa jika dimanfaatkan dengan baik.
Liburan, siapapun yang mendengar atau membaca kata-kata tersebut dijamin mengukir senyum bahagia dan mata menerawang akan khayalan. Ya, siapa tidak suka liburan? Apalagi jika dilakukannya bersama keluarga atau teman-teman dekat, pasti semuanya akan terasa lebih seru dan berkesan.

Liburan milik semua

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari liburan seperti meningkatkan kebersamaan antar keluarga, penyegaran dari rutinitas sehari-hari, dapat menambah semangat, dan menambah wawasan. Liburan juga bisa menjadi “obat” mujarab untuk melepaskan kepenatan dan mengembalikan energi baru untuk kembali beraktivitas. Karena selain ampuh sebagai “alat charger” otak dan pikiran, juga baik merelaksasikan otot-otot tubuh.

Usut punya usut, ternyata sebagian besar manusia seperti pelajar, karyawan, hingga ibu rumah tangga pun pasti pernah merasakan penatnya kegiatan keseharian tingkat stres yang tinggi ketika melakukan aktivitas.

Liburan adalah pilihan

Banyak tempat-tempat yang bisa menjadi pilihan tempat menghabiskan waktu liburan. Pemilihan tempat merupakan hal yang krusial untuk berlibur, karena hasil yang didapat sedikit banyak tergantung dari tempat yang dikunjungi. Sayangnya karena terlalu banyak pilihan tempat yang ditawarkan, justru membuat bingung dalam mencari tempat yang pas untuk berlibur. Untuk itu diperlukan beberapa hal yang akan mempermudah dalam memilih tempat liburan. Pertama adalah menentukan tema atau tujuan dari liburan sendiri saat ini yang berkembang adalah jalan-jalan, belanja, memancing, menikmati udara pegunungan atau laut, outbond hingga kuliner dan lainnya.

Kedua adalah menentukan lokasi liburan

Cara ini harus disesuaikan dengan tema yang ingin dijalankan. Berkaitan dengan lokasi liburan, Indonesia terkenal dengan aneka lokasi wisata yang menarik untuk dijadikan tujuan akhir liburan. Pasalnya, bumi Indonesia ini dikelilingi oleh hamparan laut yang indah yang diselingi dengan gunung. Ada pula wisata sembari belajar mengingat sejarah, seperti mengunjungi museum, candi, dan lainnya.

Tak hanya daerah-daerah Indonesia saja yang menarik dijadikan tujuan liburan. Sebagian wisatawan suka berlibur ke luar negeri. Namun liburan seperti ini dikenal sebagai liburan yang memiliki rupiah tertinggi lantaran dana yang akan dikeluarkan juga relatif tinggi. Satu hal yang patut diingat bahwa liburan ke luar negeri selain biaya yang relatif lebih, persiapannya pun harus lebih dibandingkan liburan di dalam negeri. Namun, semua itu tergantung negara mana yang menjadi tujuan liburan.

Bila hanya daerah Asia apalagi Asia Tenggara tentunya tak perlu repot mengurus visa. Apabila negara Eropa atau Amerika tujuannya, jangan lupa untuk mengurus visa terlebih dahulu. Liburan ke luar negeri apalagi daerah negara-negara 4 musim persiapannya pakaiannya harus lebih banyak. Perhatikan musim yang sedang berlangsung di negara tujuan.

Jangan remehkan persiapan

Rencana yang matang menentukan semua. Ya, pepatah tersebut patut seperti cocok diterapkan kepada mereka yang akan melakukan liburan. Karenanya semua harus dipersiapkan sedari dini agar liburan yang diinginkan benar-benar terjadi.

Persiapan pertama yang harus dilakukan adalah menentukan lokasi atau tema liburan. Namun keduanya harus disesuaikan dengan dana yang dimiliki oleh seseorang yang akan melakukan liburan.

Jika hal tersebut telah dilaksanakan, proses selanjutnya adalah mencari info lebih lanjut tentang lokasi liburan. Hal ini tentunya akan memudahkan bagi pelaku liburan untuk bisa menentukan lokasi penginapan, kendaraan selama liburan, hingga aktivitas yang akan dilakukan.

Hal selanjutnya adalah menentukan barang-barang yang akan dibawa selama liburan. Hal ini sangat menentukan saat liburan lantaran jika suatu waktu kekurangan, bisa berpengaruh para biaya yang bisa membengkak. Baiknya barang-barang tersebut dikumpulkan dalam satu wadah seperti satu koper atau ransel yang memudahkan pengumpulannya dan proses membawanya.

Selain aneka hal tersebut, jangan pernah melupakan dokumentasi selama melakukan aktivitas liburan. Dokumentasi dianggap perlu sebagai bukti kalau seseorang pernah melakukan liburan. Selain itu pula dokumentasi juga dianggap sebagai kenang-kenangan paling berarti selama liburan yang bisa kepada generasi penerusnya.

Dokumentasi dapat dilakukan dengan dua alat, kamera dan handycam. Bagi seseorang yang suka dengan aksi diam namun menggemaskan bisa menggunakan kamera digital. Namun bagi yang suka dengan aktivitas bergerak layaknya menyaksikan cerita di televisi bisa merekam kegiatan tersebut dalam handycam.

Menariknya pula, aneka perlengkapan liburan mulai dari koper, makanan ringan, perlengkapan mandi hingga alat untuk mengabadikan kegiatan yang tak terlupakan selama liburan dapat ditemukan di store-store hypermart seluruh Indonesia.
Sumber  :  okezone.com




Tidak ada komentar:

Posting Komentar