iklan

Senin, 18 April 2011

Kunci Jawaban UN Bocor di Facebook, Twitter, dan SMS?

Senin, 18 April 2011 13:35 wib
154 123Email0

Image : Corbis.com


BANDUNG - Kunci jawaban ujian nasional (UN) beredar di jejaring sosial. Meskipun tingkat kebenaran kunci jawaban diragukan.

Terlebih penyelenggara Ujian Nasional (UN) meyakinkan bahwa sistem UN tahun ini sangat kuat, tetapi kebocoran lembar jawaban UN tetap ada.

Beberapa siswa kelas 3 SMA Negeri 3 Bandung mengakui, adanya bocoran jawaban UN di Facebook, Twitter, dan SMS sejak sore 17 April.



"Itu (kunci jawaban Facebook dan Twitter) sudah ada dari kemarin," tutur Rachma, siswa kelas 3 IPA saat ditemui wartawan usai mengerjakan soal UN pertama Bahasa Indonesia di SMAN 3 Bandung, Jawa Barat, Senin (18/4/2011).

Bahkan, ceritanya, dia juga mendapat pesan singkat (SMS) berisi kunci jawaban. SMS itu diforward teman-temannya.

"Katanya sih sumbernya dapat dipecaya," ujar Rachma, ketika menanyakan kepada teman yang memforward kunci jawaban.

Beredarnya kunci jawaban UN via Facebook juga dituturkan teman Dhiyaa Putri, yang juga siswi SMAN 3 Bandung. Dia menyebutkan, menyebarnya kunci jawaban terjadi dari satu teman ke taman lainnya di Facebook.

"Saya dikasih tahu link kunci jawaban sama teman. Lalu setelah masuk link itu, di dinding kita ada kuci jawabannya," tuturnya.

Namun, meski dapat kunci jawaban, Rachmi dan Dhiyaa tak mempercayainya. "Kita pede aja," cetus mereka.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat meyakinkan bahwa hari pertama UN berjalan lancar-lancar saja. Memang ada isu bocoran kunci jawaban.

"Tapi isu saja semua enggak terbukti. Jangan sampai begitulah," kata Wahyudin, saat meninjau pelaksanaan UN di SMAN 8 Bandung.
Sumber : Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar