iklan

Sabtu, 28 Mei 2011

Senang Menunda Pekerjaan? Ini Triknya!

Selasa, 10 Mei 2011 - 14:27 wib

Senang menunda pekerjaan? Ini triknya! (Foto: Getty Images)

SAAT mendekati masa tenggat tugas yang diberikan atasan, masih banyak pekerja yang memiliki segudang alasan untuk menunda mengerjakannya. Padahal, kebiasaan menunda-nunda pekerjaan merupakan kebiasaan buruk yang membuat mereka tidak pernah jadi pemenang di tempat kerja.

Nah, agar Anda tidak menunda pekerjaan hingga menit terakhir, berikut beberapa poin bagaimana mengatasi deadline dan mengatur manajemen waktu seperti dikutip Ehow.

Sadari pentingnya tenggat waktu

Kendati Anda masih bisa menunda pekerjaan untuk melakukan beberapa pekerjaan lain, namun ketika Anda diberikan deadline untuk sebuah tugas, jadikan itu prioritas Anda saat ini.

Misalnya atasan tidak memberikan tenggat waktu, Anda masih bisa mengatur sendiri waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Karena sekali Anda tidak bisa menyelesaikan tugas tersebut sebelum tenggat waktu, Anda telah menunjukkan sikap tidak menghargai atasan maupun perusahaan tempat Anda bekerja.

Tulis nota pengingat

Tulis dalam selembar kertas setiap tenggat waktu tugas yang diberikan. Berikan tanda khusus pada tenggat waktu yang harus diprioritaskan.

Selesaikan tugas tersebut, jauh sebelum tenggat waktunya. Banyak karyawan yang mengaku mudah mengatasi deadline ketika mereka mengatur sendiri bagaimana menyelesaikan tugas tersebut, sebelumdeadline-nya.

Jika Anda diharuskan menyeleasikan tugas presentasi di hari Jumat, pastikan Anda telah mengumpulkan sejumlah informasi slide dari Selasa, lalu lanjutkan kembali agenda pengumpulan informasi di hari Rabu. Cara ini mencegah kekacauan malam sebelum presentasi, yang tidak akan menguntungkan Anda.

Bangun tingkatan penyelesaian

Maksudnya, saat Anda diberi tenggat waktu tugas, jangan memaksakan diri menyelesaikan tugas itu dalam satu hari. Tapi kerjakan secara bertahap, sehingga Anda masih bisa menfokuskan pikiran pada tugas yang lain. Cara ini menunjukkan Anda bukan tipe orang yang menunda-nunda pekerjaan dan juga memberikan Anda waktu lebih untuk merespon tugas yang lebih penting yang harus diselesaikan dalam satu hari.

Selamat mencoba!
Sumber  :  Lastri Marselina - Okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar