iklan

Sabtu, 28 Mei 2011

Tingkatkan Kemampuan "Mendengarkan"

Sabtu, 28 Mei 2011 - 17:12 wib

Tingkatkan kemampuan mendengarkan. (Foto: Corbis)

BERSIKAP acuh saat Anda berbicara di meeting, dan presentasi di klien sering gagal. Mungkin Anda tidak menyadarinya, saat kita akan bernegosiasi dan terlalu banyak bicara, kita akan kalah. Karena bicara lebih mudah daripada mendengarkan. Membuat kita berpikir semua berada di bawah kendali.

Saat Anda mampu untuk mendengarkan orang lain, maka hal itu akan memperkaya diri Anda selamanya. Dan ada keterampilan mendasar yang begitu penting dalam aspek kehidupan dan karier maupun bisnis, yaitu "mendengarkan".

Berikut tip dari Chandra Ming, General Manager of JobsDB.com agar Anda memiliki kemampuan mendengar yang lebih baik.

Sesuaikan sikap dan cara Anda berpikir

Perhatikan setiap kata dengan seksama dan jangan langsung mengambil kesimpulan atau memotong pembicaraan orang lain. Belajar untuk menghargai dan memberi kesempatan orang lain untuk mengemukakan pendapatnya.

"Buang" beban di kepala Anda

Tidak banyak orang yang mau mendengarkan dengan sungguh-sungguh. Ingatkah kapan terakhir kali Anda bisa mendengarkan dengan tenang? Yang sering kita lakukan adalah menunggu orang berhenti berbicara. Berhentilah berpikir seperti itu, dengarkanlah dengan seksama. Dengan demikian Anda pun secara tidak langsung bisa memelajari karakter si pembicara.

Reflection

Ketika giliran Anda untuk berbicara, coba untuk mengulangi apa yang tadi mereka katakan. Anda akan mengetahui apakah Anda menyimak dengan baik atau tidak.

Hilangkan ego

Hilangkan ego Anda dan bertindaklah yang sesuai. Seorang pebisnis berkata "do you want to fill your ego or your bank acccount?".

Mementingkan ego sudah pasti akan sangat merugikan Anda. Oleh karena itu hilangkan ego Anda untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Make yourself win

Sekali Anda bisa menjadi pendengar yang baik, maka orang lain akan menaruh kepercayaan kepada Anda. Pada saat itulah komunikasi dimulai dan Anda dapat mengutarakan tujuan Anda.

Jagalah komunikasi yang sudah terjalin dengan terus menjadi pendengar yang baik agar terjalin hubungan yang saling menguntungkan dalam pekerjaan maupun bisnis Anda.
Sumber  :  Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar